Jumat, 19 November 2010

aku bangga istriku seorang penulis

Kamis 18/11 at 23.00 WIB
DALAM obrolan ringan  ketika baru tiba di rumah (pulang bekerja), sebuah buku tergeletak di atas kasur. Akhirnya kami terlibat dalam perbincangan seputar buku. Dalam buku yang saya lihat, ada komentar penulis yang mengutarakan rasa terimakasihnya kepada sang istri. Karena, istrinya  yang membantu dan membimbing si penulis hingga merampungkan bukunya.
Saya berceloteh kepada suami, kalau suatu hari dia menulis buku, nama saya harus dicantumkan dalam bukunya. Suami menolak (bercanda) dan akan bilang ucapan terimakasihnya ditujukan untuk semesta alam.
Suami malah membalikkan permintaan saya. "Sok aja (silahkan saja) ibu yang nulis buku dan ucapan terimakasih untuk aku".
Masih kata dia, "Kan nanti aku bangga istriku seorang penulis. Pamajikan urang mah penulis, sok ari pamajikan maneh naon?" Katanya masih dengan kemasan canda.
Saya jawab, "Bukankan sekarang saya sudah jadi penulis. Tulisan saya setiap harinya terpajang di halaman surat kabar (Galamedia)".
Dia menggelengkan kepala, katanya menjadi jurnalis banyak dilakukan banyak orang. Tetapi menjadi jurnalis dan penulis buku masih jarang dilakukan oleh banyak orang. Apalagi oleh seorang perempuan. "Kan aku nanti bangga punya istri penulis," katanya lagi.
Sebenarnya itu bukan obsesinya memiliki istri penulis. Tetapi ucapannya menjadi motovasi agar saya mau melanjutkan rencana menulis (novel) yang sudah lama tinggalkan.
Lalu saya menantangnya, one day saya bisa menyelesaikan "cerita" saya. Meskipun penokohan dan karakter yang saya bangun dalam "cerita" itu belum utuh dan kuat. Saya harus menyempurnakan karakternya. Hingga menyelesaikan ending yang menyenangkan (buat saya penulisnya). 
 Saya menantangnya dan akan membuktikan buku itu akan selesai secepatnya. "Kalau buku saya sudah selesai, kamu harus memberi hadiah," ucap saya sedikit merajuk. 
Suami saya, hanya menjawab, "Iya nanti dikasih hadiah. Pokoknya nulis dan selesaikan novel itu. Jangan beralasan tidak ada waktu untuk menulis."  ("_")...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar